semarasanta1.blogspot.com - Anda ingin memulai bisnis kopi? Berikut kiat sukses memulai bisnis kopi terbaik.
Membuka kedai kopi bisa sangat menguntungkan jika Anda melakukannya dengan benar. Lewati kedai kopi khusus yang sibuk dan kemungkinan besar akan dipenuhi pelanggan yang menikmati kopi, espresso, latte, teh, dan berbagai kue kering serta camilan lainnya. Menyajikan kopi dan makanan ringan berkualitas dalam suasana trendi dan santai adalah model bisnis yang sangat sukses yang dipelopori oleh Starbucks, yang telah berkembang ke lebih dari 31.000 lokasi kedai kopi di seluruh dunia. Jika Anda menyukai kopi dan sedang mencari peluang bisnis, berikut adalah panduan Anda untuk memulai sebuah kedai kopi dan membuatnya sukses.
Ada tiga pilihan dasar untuk memulai kedai kopi:
- Membeli waralaba, dalam hal ini sebagian besar keputusan bisnis utama akan dibuat untuk Anda. Untuk biaya waralaba, Anda akan diberikan bisnis siap pakai di lokasi yang dipilih oleh penyedia waralaba.
- Membeli bisnis yang sudah ada. Ini adalah cara lain untuk mendapatkan operasi turnkey. Namun, menemukan bisnis yang menguntungkan untuk dijual bukanlah tugas yang mudah.
- Mulai dari awal. Opsi ini membutuhkan upaya paling banyak tetapi memiliki fleksibilitas paling besar dan potensi terbaik untuk memaksimalkan keuntungan.
Cara Memulai Bisnis Kopi Terbaik 2021
Opsi mana pun yang Anda pilih, dasar-dasar yang sama untuk sukses berlaku. Rencana bisnis Anda untuk memulai kedai kopi harus memasukkan faktor-faktor kunci berikut.
Temukan Lokasi Yang Bagus Dengan Sewa Yang Wajar
Sebelum membuka kedai kopi, pahami mengapa mereka sangat populer. Pertama-tama, kedai kopi adalah tempat yang tepat untuk bersosialisasi. Statistik menunjukkan bahwa kedai kopi adalah tempat paling populer untuk bertemu teman. Mereka juga merupakan tempat yang disukai bagi individu yang ingin menghabiskan waktu membaca buku atau majalah atau menjelajahi web sambil menikmati minuman dan makanan ringan.
Kedai kopi juga merupakan tempat yang populer untuk pertemuan bisnis informal atau bagi siswa untuk menyelesaikan tugas sekolah. Masuklah ke kedai kopi populer mana pun dan, kemungkinan besar, Anda akan melihat makelar meninjau daftar dengan klien atau sekelompok siswa yang berkolaborasi dalam proyek sekolah.
Mengingat hal di atas, menemukan lokasi yang bagus sangat penting untuk menarik pelanggan saat Anda membuka kedai kopi. Jika Anda memiliki waralaba atau membeli bisnis yang sudah ada, lokasinya sudah dipilih sebelumnya, tetapi Anda tetap harus melakukan riset dan memutuskan apakah lokasi yang ada atau yang dipilih itu bagus.
Lokasi vs. Sewa
Perhatikan bahwa lokasi paling sentral belum tentu yang terbaik untuk keuntungan Anda. Mal dan lokasi lalu lintas tinggi lainnya biasanya memiliki harga sewa tertinggi dan persaingan terbanyak. Etalase toko adalah lokasi yang sangat baik untuk kedai kopi — mereka memiliki visibilitas tertinggi, harga sewanya biasanya lebih rendah daripada di mal, dan Anda dapat mengatur jam kerja Anda sendiri daripada didiktekan untuk Anda.
Lalu Lintas dan Parkir Kendaraan
Kecuali jika Anda menemukannya di mal atau situs dengan lalu lintas pejalan kaki tinggi lainnya, Anda harus memikirkan dengan cermat tentang aksesibilitas dan parkir. Jika pelanggan harus berbelok di jalan yang sibuk untuk mencapai tempat Anda atau mereka kesulitan menemukan tempat parkir yang tersedia, mereka kemungkinan besar akan mengalihkan bisnis mereka ke tempat lain. Idealnya, Anda menginginkan lokasi yang nyaman dan sangat terlihat di jalan yang sibuk dengan banyak tempat parkir sehingga pelanggan dapat dengan mudah mampir dalam perjalanan ke atau dari tempat kerja atau sekolah.
Rak Sepeda
Dengan popularitas bersepeda yang tumbuh pesat, memiliki rak pengunci yang aman untuk sepeda sangat penting.
Sebuah kedai kopi bisa sukses dalam semalam dengan lokasi yang tepat. Temukan tempat di dekat persimpangan jalan yang sibuk dengan banyak kendaraan, pejalan kaki, dan lalu lintas sepeda serta banyak tempat parkir yang tersedia, dan Anda akan memulai dengan baik.
Secara Konsisten Melayani Produk Berkualitas Tinggi
Saat membuka kedai kopi, pertimbangkan bahwa peminum kopi dan teh gourmet menginginkan lebih dari secangkir kopi biasa atau teh celup dalam cangkir busa. Menurut sebuah studi oleh National Coffee Association of America, pada tahun 2018, lebih dari 60% minuman kopi yang dijual berasal dari varietas spesial, dan persentasenya terus meningkat sejak tahun 2010.1
Mengingat tuntutan pelanggan yang diskriminatif, kecil kemungkinan bisnis kedai kopi akan menarik pelanggan tetap dan berkembang kecuali Anda dapat secara konsisten menyajikan kopi, teh, dan makanan ringan khusus dan reguler terbaik. Berhasil melakukan ini dan pelanggan akan memilih Anda daripada pesaing, bahkan jika Anda tidak berada di lokasi pusat. Ini berarti Anda perlu:
- Dapatkan biji panggang segar terbaik.
- Beli mesin espresso berkualitas tinggi dan peralatan terkait seperti penggiling, sistem penyaringan air, dll.
- Sajikan kue kering dan camilan segar.
- Pastikan Anda memiliki staf yang terlatih — barista yang berpengetahuan dan terampil sangat penting untuk kerajinan kopi.
- Tawarkan campuran favorit pelanggan (frappés, chai latte, dll.) Dan kreasi unik Anda sendiri.
Memberikan Layanan Pelanggan Yang Hebat
Layanan pelanggan yang sangat baik adalah ciri khas dari setiap bisnis yang sukses, terutama di industri layanan makanan. Gabungkan lokasi yang bagus, produk bermutu, dan layanan pelanggan yang hebat, dan kemungkinan besar, Anda akan memiliki kedai kopi yang sangat sukses.
Survei menunjukkan bahwa empat dari lima pelanggan memberi peringkat layanan pelanggan sebagai sangat penting. Salah satu rahasia kesuksesan Starbucks adalah layanannya yang profesional dan efisien. Ini adalah model yang sebaiknya ditiru oleh pemilik kedai kopi mana pun.
Layanan Konter vs. Layanan Meja
Kedai kopi paling sukses menggunakan layanan konter. Membuat pelanggan memesan dan membayar di muka dan menelepon mereka ketika minuman dan makanan ringan mereka siap meminimalkan biaya tenaga kerja Anda dan memungkinkan Anda menangani periode sibuk seperti sarapan dan makan siang dengan lebih baik.
Pelayanan meja biasanya lebih lambat, lebih banyak tenaga kerja, dan lebih cocok untuk restoran di mana pelanggan memesan makanan lengkap dan menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tersebut. Sisi positifnya, memiliki layanan meja memang memberi lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan pelanggan dengan makanan penutup atau makanan ringan.
Ciptakan Suasana yang Trendi dan Santai
Survei menunjukkan bahwa kebanyakan orang percaya bahwa suasana adalah salah satu daya tarik terbesar untuk sebuah kafe. Di atas model layanannya, suasana Starbucks yang santai, nyaman, dan nyaman adalah salah satu kontributor utama kesuksesannya.
Saat membuka kedai kopi, suasana yang tepat menjadi kunci untuk menarik pelanggan yang suka nongkrong dengan teman atau rekan bisnis dan (semoga) mengonsumsi produk tambahan. Pergilah ke kedai kopi populer mana pun pada sore hari kerja dan, kemungkinan besar, Anda akan melihat sekelompok siswa mengerjakan tugas mereka (bukan di perpustakaan sekolah atau kafetaria).
Suasana yang ideal adalah bersih dan cerah dengan banyak cahaya alami dan ruang duduk yang nyaman. Gunakan campuran jenis tempat duduk dan meja (seperti meja bangku) sehingga Anda dapat menampung pelanggan tunggal serta kelompok dengan berbagai ukuran. Pastikan untuk memiliki banyak pencahayaan untuk malam hari dan hari-hari yang membosankan. Memiliki ruang teras luar ruangan adalah daya tarik besar pada musimnya dan sangat meningkatkan visibilitas bisnis Anda.
Kecuali Anda seorang ahli desain, pertimbangkan untuk menggunakan dekorator interior berpengalaman untuk mendesain interior tempat Anda. Anda menginginkan suasana yang khas dan dipersonalisasi yang akan menarik pelanggan dan yang melibatkan semua elemen desain: tata letak, furnitur, dekorasi, pencahayaan, lantai, dll.
Tawarkan Beragam Camilan
Kunci sukses lain ketika merencanakan cara memulai kedai kopi adalah menyadari bahwa, meskipun kopi dan teh memiliki markup yang tinggi (hingga 80% untuk kopi spesial), kedai kopi tidak dapat bertahan hanya dengan penjualan kopi. Banyak penjualan adalah suatu keharusan. Memiliki berbagai macam camilan berkualitas yang dipajang di konter akan menggoda pelanggan untuk melakukan pembelian tambahan.
Item populer yang cocok dengan kopi dan teh meliputi:
- Muffins
- Kue
- Kue
- Roti kayu manis
- croissant
- roti bagel
- Scones
- Batang granola
- Cangkir yogurt dan parfaits
- Minuman dingin
Pastikan karyawan Anda merekomendasikan pilihan makanan kepada pelanggan pada waktu checkout jika mereka hanya memesan kopi atau teh.
Untuk efisiensi, makanan harus dibuat sebelumnya atau dibeli dari penjual. Menyiapkan makanan yang dibuat sesuai pesanan (seperti sandwich, dll.) Memakan waktu dan mengurangi volume penjualan secara keseluruhan, terutama pada periode sibuk. Makanan yang dipanggang dapat diperoleh secara grosir dari toko roti lokal.
Tawarkan Kartu Loyalitas
Dengan asumsi Anda menyajikan produk hebat di lokasi yang baik, memiliki program kartu loyalitas dapat menjadi pelengkap bagi pelanggan dan benar-benar membantu Anda membangun pelanggan. Mendapatkan espresso atau latte gratis dengan kartu loyalitas setelah 10 pembelian sebelumnya akan membuat siapa pun tersenyum.
Kartu loyalitas meningkatkan laba Anda dengan:
- Mendorong pelanggan tetap untuk lebih sering datang
- Meningkatkan peluang pelanggan yang jarang memilih bisnis Anda daripada pesaing
- Mendorong pelanggan untuk membelanjakan lebih banyak
Pastikan untuk menggunakan kartu berkualitas baik yang memiliki nama dan logo bisnis Anda ditampilkan secara mencolok dan tidak akan mudah terlepas dari dompet atau dompet. Alternatifnya, saat ini banyak sistem POS mengintegrasikan program loyalitas secara otomatis, mengurangi satu hal kepada pelanggan untuk dibawa ke dompet mereka.
Sajikan di Garis Depan
Seperti halnya bisnis padat layanan pelanggan, ketika menjalankan kedai kopi, pemilik harus hadir dan terlibat sepenuhnya dengan bisnis tersebut sebanyak mungkin. Bagi banyak pelanggan, tanda bisnis yang baik adalah melihat pemilik depan dan tengah menerima pesanan, melayani, dan bercakap-cakap dengan publik.
Hadir secara langsung juga membantu memotivasi staf untuk melakukan yang terbaik. Ini sangat penting ketika Anda pertama kali memulai kedai kopi Anda. Jika Anda tidak dapat hadir, menemukan manajer yang baik sangatlah penting.
Menyediakan Wi-Fi atau Tidak?
Sebagian besar kafe menawarkan Wi-Fi gratis sebagai kenyamanan bagi pelanggan yang suka menggunakan perangkat seluler untuk melakukan bisnis, tugas sekolah, atau sekadar menjelajah web sambil menikmati kopi atau makanan ringan. Anda tidak mungkin menemukan rantai kopi besar yang tidak menyediakan Wi-Fi gratis untuk pelanggannya.
Namun, semakin banyak kedai kopi independen yang mencabut Wi-Fi gratis atau bahkan melarang laptop dan tablet dalam upaya menciptakan suasana yang lebih komunal di mana orang-orang berkomunikasi daripada membenamkan diri di internet.
Bagi sebagian orang, berjalan ke kedai kopi dan melihat semua orang mengetik di laptop atau tablet adalah hal yang tidak menyenangkan, dan mereka cenderung membawa bisnis mereka ke tempat lain.
Dalam beberapa kasus, tidak memiliki Wi-Fi sebenarnya menghasilkan peningkatan keuntungan, karena orang yang menggunakan perangkat seluler cenderung menghabiskan lebih banyak waktu tetapi lebih sedikit uang untuk pembangunannya. Beberapa kedai kopi telah berkompromi dengan tidak mengizinkan laptop dan perangkat seluler selama periode sibuk seperti jam makan siang.
Pada akhirnya, apakah Anda memutuskan untuk memiliki Wi-Fi gratis atau tidak harus menjadi keputusan bisnis yang didasarkan pada keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda. Lagi pula, orang akan mendukung pendirian Anda jika mereka merasa dapat bersenang-senang.
Demikianlah artikel kiat sukses memulai bisnis kopi. Semoga artikel ini bermanfaat.