-->

Jual Beli dan Harga Ikan Asin Terbaru 2021

ikan asin

Informasi lengkap tentang jual beli dan harga ikan asin terbaru 2021. Ikan asin merupakan salah satu jenis makanan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam. Dengan metode pengawetan ini daging ikan yang biasanya membusuk dalam waktu singkat dapat disimpan di suhu kamar untuk jangka waktu berbulan-bulan, walaupun biasanya harus ditutup rapat.Selain itu daging ikan yang diasinkan akan bertahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan fisik akibat infestasi serangga, ulat lalat dan beberapa jasad renik perusak lainnya.


Harga Ikan Asin Terbaru 2021

Jenis Olahan Ikan Asin
Harga
Ikan Asin Jambal Roti
Rp 120.000
Ikan Asin Gabus
Rp 150.000
Ikan Asin Peda
Rp 90.000
Ikan Asin Tenggiri
Rp 150.000
Ikan Asin Sepat
Rp 140.000
Ikan Asin Kapas
Rp 150.000
Ikan Asin Layur
Rp 50.000
Ikan Asin Petek
Rp 40.000
Ikan Asin Talang
Rp 120.000
Ikan Asin Cumi
Rp 165.000
Ikan Asin Teri
Rp 130.000
Ikan Asin Samge
Rp 100.000
Ikan Asin Jambrong
Rp 90.000
Ikan Asin Tembang / Lemet
Rp 70.000

Harga Ikan Asin Jambal Roti Terbaru 2020

Daerah dan Kualitas
Harga/Kg
Ikan Asin Jambal Roti Jakarta
Rp 130.000
Ikan Asin Jambal Roti Pangandaran
Rp 120.000
Ikan Asin Jambal Roti Standar
Rp 110.000
Ikan Asin Jambal Roti Super
Rp 160.000

Harga Ikan Asin Bulu Ayam Terbaru 2020

Daerah dan Kualitas
Harga/Kg
Ikan Asin Bulu Ayam Jakarta
Rp 70.000
Ikan Asin Bulu Ayam Luar Jkt
Rp 60.000
Ikan Asin Bulu Ayam Standar
Rp 50.000
Ikan Asin Bulu Ayam Super
Rp 80.000

Harga Ikan Asin Kapas Terbaru 2020

Daerah dan Kualitas
Harga/Kg
Ikan Asin Kapas Jakarta
Rp 120.000
Ikan Asin Kapas Luar Jkt
Rp 110.000
Ikan Asin Kapas Standar
Rp 140.000
Ikan Asin Kapas Super
Rp 110.000

Harga Ikan Asin Sepat Terbaru 2020

Daerah dan Kualitas
Harga/Kg
Ikan Asin Sepat Jakarta
Rp 80.000
Ikan Asin Sepat Luar Jkt
Rp 70.000
Ikan Asin Sepat Standar
Rp 60.000
Ikan Asin Sepat Super
Rp 80.000

Harga Ikan Asin Jambal Roti

Asal dari ikan asin jambal roti merupakan dari Pangandaran. Buat harga ikan asin per kilogram diberbagai wilayah berbeda- beda.

harga ikan asin jambal roti mahal sebab saat ini ini banyak sekali peminatnya serta mempunyai rasa yang lezat. Tidak hanya itu isi serta khasiat dari ikan asin jambal roti pula sangat banyak. Harga Ikan asin jambal roti berkisar antara Rp 110.000 hingga Rp 160.000 tergantung kuliatasnya.

Harga Ikan Asin Bulu Ayam

Bisa jadi sangat terdengar jenggal kala awal kali kita mendengar tipe ikan asin satu ini. Ini tidaklah ikan asin yang dibuat dari bulu ayam, melainkan ikan asin berdimensi kecil yang menyamai sehelai bulu ayam.

Karakteristik khas dari ikan asin bulu ayam merupakan mempunyai wujud tipis serta bercorak putih. Harga ikan asin bulu ayam pula cukup mahal dipasaran. Buat harga ikan asin bulu ayam, biasa dijual dengan harga Rp 60.000 per kilogram. Ini pula bergantung mutu serta daerahnya.

Harga Ikan Asin Kapas

Baik wujud serta dimensi ikan asin kapas nyaris sama dengan ikan asin bulu ayam. Kelainannya ikan asin kapas mempunyai dimensi yang lebih pipih serta melebar, dan rupanya lebih putih. Harga ikan asin kapas bergantung kualitasnya. Terus menjadi baik kualitasnya hingga hendak membuat biayanya terus menjadi mahal. Harga Ikan asin kapas berkisar antara Rp 110.000 hingga Rp 140.000 tergantung kuliatasnya.

Harga Ikan Asin Sepat

Saat ini ini banyak orang membuat ikan asin sepat supaya dapat lebih awet. Ini sebab kala panen ikan sepat tiba, jumlah tangkapan ikan sepat sangatlah melimpah. Ikan sepat sangat gampang mati, itu kenapa para nelayan buatnya jadi ikan asin. Harga Ikan asin sepat pula cukup mahal, buat harga ikan sepet dekat Rp 50.000 per kilogram.

Harga Ikan Asin Kepala Batu


Ikan asin kepala batu disebut pula dengan ikan asli medan yang proses pembuatannya dapat diutuhkan serta dibelah( sehingga tekadang warga menyebutnya bagaikan kepala batu belah).

Anda dapat mengolahnya jadi sambal tomat, sambal ijo, dijadikan kuah kaldu buat membuat sundubu jjigae( sup ketahui pedas ala Korea), serta ditumis dengan sebagian sayur yang lain.

Buat biayanya sendiri, ikan asin kepala batu per 0, 5 Kilogram bisa Anda beli dengan harga Rp30.000, 00, sebaliknya ikan asin kepala batu belah per 1 Kilogram Rp65. 000.

Harga Ikan Asin Bentrong

Disebut‘ bentrong’ sebab bentuknya tanpa kepala. Jadi cuma tubuh ikan saja yang diperjualbelikan. Warga juga sering kali memanggil dengan memakai nama ikan bentong( tanpa r) sebab bisa jadi lebih sering di dengar ya.

Umumnya, ikan bentrong yang di rumah makan lebih lezat mana kala dijadikan menu andalan utama dengan sambal mentah selaku pelengkapnya. Walaupun gurih serta menggugah selera, harga ikan bentrong lumayan murah. Per 0. 5 Kilogram, Anda cuma perlu mengeluarkan kocek Rp25. 000 saja.

Harga Ikan Asin Gabus

Permintaan ikan asin gabus lumayan besar di golongan pengusaha ataupun penjual di pasar. Tidak hanya memiliki gizi yang baik untuk tumbuh kembang kanak- kanak, ikan gabus juga gampang dimasak jadi bermacam menu hidangan. Anda dapat menemukan ikan gabus yang masih fresh ataupun diasinkan kering. Per 1 kg- nya( ukuran kecil), harga di daerah Jawa Timur Rp130.000. Dapat naik pada saat terdapat lonjakan harga serta turun disaat musim tertentu.

Harga Ikan asin Teri Jengki

Harga ikan asin teri jengki termasuk ke dalam tipe teri, ikan asin jengki dapat senantiasa fresh serta awet apabila ditaruh di tempat yang dingin. Anda dapat mencampurkannya ke dalam tumis bunga pepaya, dimasak sambal balado, tambahan adonan bakwan, botok, nasi goreng, dan rempeyek.

Harga Ikan Asin Jambrong

Bila Anda memerlukan lauk pasangan, ikan asin jambrong hendak jadi opsi yang sangat pas! Nama ikan ini begitu akrab di warga Cirebon sebab nilai ekspornya yang menggapai Rp186 M. Jika dari angka penjualan serta tingkatan ketertarikan pembeli, tentu anda dapat membayangkan betapa bernilai serta gurihnya ikan ini, bukan?

Harga Ikan Asin Katamba

Salah satu ikan asin termahal merupakan tipe ketamba. Wujudnya lebar serta rasanya sangat sesuai buat warga Indonesia. Di Makassar, ikan asin kering ketamba dijual Rp170.000/Kg.

Harga Ikan Asin Tenggiri

Tidak cuma terjangkau serta terkategori murah, ikan asin tenggiri sangat terkenal di Tanah Air. Kandungan nilai proteinnya senantiasa berguna untuk kesehatan dan Anda dapat mengolahnya dengan metode direbus, dipanggang, ataupun dipepes. Baunya yang nikmat serta harum dikala dimasak sanggup menaikkan nafsu makan Kamu dan keluarga di rumah.

Harga Ikan Asin Cucut

Apabila budget Anda sedikit namun ingin sekali mencoba rasa khas ikan asin berdaging gempal serta padat, hingga dapat mencicipi resep ikan asin cucut. Terdapat sebagian sajian yang dapat dikreasikan memakai produk ikan ini, semacam; sambel cabe ijo, tumis petai, balado, tumis sayur, santan kuning, asap santan, serta masih banyak lagi. Harga Ikan asin cucut yaitu Rp 80.000/kg.

Harga Ikan Asin Tembang

Ikan asin tembang tampaknya begitu menarik untuk masyarakat Betawi. Tidak pelak, terdapat sebagian pengepul ikan asin tembang di daerah Jakarta serta sekitarnya. Memanglah sih, ikan ini sangat yummy dinikmati bersama nasi serta sayur asem, dibikin sambal goreng, tumis toge, pecak Ikan asin tembang, serta yang lain.

Saking diakui kemantapannya, ikan asin tembang pula jadi salah satu daya tarik kuliner untuk warga luar. Bukan cuma itu saja, harganya pun terkategori salah satu sangat murah di antara varian ikan lain lho! Karena per kilogram, harga ikan asin tembang Rp30. 000– 40 ribuan saja. Mungkin sangat menguntungkan untuk Anda yang menggeluti bidang culinary, katering, serta rumah makan.

Harga Ikan Asin Layang

Ikan asin layang ialah tipe ikan yang kuantitasnya agak terbatas ataupun limited. Oleh sebab itu, harga ikan asin yang satu ini pula cukup mahal di pasaran. Di supermarket saja, per 500 gramnya, mereka menjual sekitar Rp52.800. Jadi jika 1 kilogram, tentu menggapai Rp100.000 lebih.  Tetapi, pasti saja harga di mall ataupun supermarket berbeda dengan yang terdapat di tempat tengkulak.

Harga Ikan Asin Bilis

Ini nih salah satu primadonanya ikan asin Jawa Barat, paling utama orang Cirebon! Sama terkenalnya dengan ikan asin jambrong, tipe bilis tidak cuma diakui hingga ke negara orang namun pula mempunyai cita rasa asin yang cocok. Harga serta rasa yang sebanding, membuat komoditi ikan ini membuat banyak orang penasaran serta ikut berupaya mengkreasikannya sendiri di rumah ataupun menjualnya kembali.

Harga Ikan Asin Japuh

Ikan asin japuh mempunyai daging tebal serta sisik yang begitu gampang dibersihkan. Tidak hanya itu, ikan ini juga durinya agak lunak semacam bandeng presto, sehingga di daerah Bakauheni, Lampung Selatan sering kali dijadikan dendeng. Nah, buat proses pembuatan ikan asin japuh, para nelayan memilah metode pengasapan serta membelahnya pada bagian perut.  Terdapat sebagian berbagai ikan tipe japuh, ialah japuh ketan, japuh japung, japuh layang, serta kecil.

Harga Ikan Asin Grosir

Harga ikan asin grosir pasti lebih murah dibanding kala kita membeli ikan asin per kilogram di supermarket serta di pasar modern. Saat ini ini banyak pabrik ikan yang menjual ikan asin buat di jual grosiran. Umumnya yang banyak mencari ikan asin grosir merupakan para orang dagang yang mau menjual ikan asin kembali. Buat rata- rata harga ikan asin grosir jambal roti berkisar Rp 100. 000 per kilogram.

Umumnya, pengolahan ikan asin secara tradisional selalu membutuhkan bantuan sinar matahari untuk mempercepat pengeringan, dan mencegah agar ikan tidak menjadi busuk. Namun, masalahnya matahari tidak selalu bersinar dengan cukup setiap harinya, terutama di musim hujan di mana awan mendung seringkali menutupi langit. Sehingga berakibat banyak ikan yang tidak terawetkan dengan baik, menurun kualitasnya, dan bahkan menjadi busuk.

Ciri Ikan Asin dengan Kualitas Baik

Untuk mengurangi kerugian, sementara pengolah mengambil jalan pintas menggunakan bahan-bahan kimia seperti pestisida dan formalin. Bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan ini digunakan sebagai pengawet tambahan untuk mencegah pembusukan. Formalin juga mencegah pengurangan bobot ikan yang berlebihan akibat menguapnya cairan tubuh ikan yang diasinkan.
Untuk menghindari ikan asin dengan pengawet, pastikan ikan asin yang Anda beli memiliki 7 ciri berikut ini.
1. Warna daging mendekati warna asli ikan segar, tidak kemerahan atau menjadi pudar.

2. Adanya bercak-bercak berwarna kemerahan pada permukaan ikan asin bisa jadi indikasi tercemar  bakteri.  Begitu juga dengan bercak berwarna biru, putih, atau ungu, yang kemungkinan tercemar oleh jamur.

3. Khusus untuk teri medan, pilih yang tidak terlalu putih, karena biasanya telah diberi zat pemutih agar lebih menarik.

4. Tekstur daging yang padat kenyal dan tidak mudah sobek pertanda ikan asin yang bagus. Hindari yang berdaging lunak dan mudah hancur.  Cara mengetahuinya adalah tekan dengan jari. Jika bekas jari tidak hilang, tandanya ikan tersebut diproses dengan cara yang tidak baik atau menggunakan formalin atau jenis bahan pengawet lain.

4. Bagian dinding perut masih utuh, tidak hancur seperti menjadi bubur yang berwarna kecokelatan. Begitu juga dengan bagian tulang belakang yang tidak berwarna kemerahan.

5. Jika membeli ikan asin utuh, pilih yang selaput kornea matanya jernih dan bola mata yang cenderung menonjol.  Sebaliknya, bola mata yang tenggelam, berwarna pudar, dan tampak berselaput kuning adalah ciri ikan asin yang tidak baik.

6. Berbau segar seperti bau laut dan tidak berbau busuk menusuk atau asam.  Ikan yang berbau asam mungkin juga dikarenakan adanya pertumbuhan mikroba akibat penggaraman yang tidak merata. Bau tengik pada ikan asin juga bisa jadi karena ikan terlalu lama disimpan,  sehingga terjadi oksidasi lemak.

7. Rasa ikan tidak pahit. Jika pahit, kemungkinan karena penggunaan garam yang tidak murni.

Daftar Penjual/Pembeli Ikan Asin


Bagi rekan-rekan yang ingin menjual atau memebeli ikan asin, berikut beberapa kontak penjual dan pembelinya:
1. Jarwo
    081514359493
2. Syafi'i
   085324034461
3. Rido
   082297413029

LihatTutupKomentar